Biaya Kateterisasi Jantung Update

Seperti yang sudah kami tulis sebelumnya tentang Video Dan Biaya Operasi Jantung Bocor, Untuk sekarang saya abdul syukur sebagai admin website ini akan memberi pengetahuan lagi tentang : Biaya Kateterisasi Jantung Update silahkan anda baca artikelnya dengan jelas dan lengkap, supaya anda mendapatkan informasi yang lengkap anda benar inilah artikelnya dibawah ini mengenai Biaya Kateterisasi Jantung Update :



Biaya Kateterisasi Jantung Update


Biaya Kateterisasi Jantung UpdateKateterisasi jantung (cardiac cath atau heart cath) lebih umum dikenal kateter jantung adalah prosedur untuk memeriksa seberapa baik fungsi jantung bekerja. Sebuah alat tipis dan panjang berupa pipa hampa yang dikenal Kateter Jantung dimasukkan ke dalam bilik atau pembuluh darah besar yang mengarah ke jantung. Lihat ilustrasi kateterisasi jantung. ilustrasi kateter jantung




  • Proses kateterisasi jantung dilakukan untuk mengetahui apakah pasien memiliki penyakit jantung, arteri katup atau koroner (jantung) arteri.

  • Selama prosedur kateterisasi jantung, tekanan dan aliran darah di jantung dapat diukur.

  • Angiografi koroner atau Arteriografi koroner juga dilakukan selama proses kateterisasi jantung. Cairan berwarna kontras yang hanya terlihat pada sinar-X disuntikkan melalui kateter. Gambar pewarna pada sinar-X akan menunjukkan aliran yang melalui arteri jantung. Hal ini menunjukkan bagian mana dari arteri yang tersumbat.

  • Kemungkinan akan timbul masalah selama proses kateterisasi jantung sangat rendah.


Mengapa harus melakukan prosedur kateterisasi jantung?


Sebelum melakukan operasi jantung pasang ring ataupun operasi jantung bypass, proses kateterisasi jantung wajib dilakukan karenan proses kateter akan memberi informasi tentang seberapa baik fungsi jantung, mengidentifikasi masalah dan memungkinkan untuk dilakukan pembukaan arteri yang tersumbat. Selama prosedur kateterisasi jantung dokter dapat melakukan beberapa hal, seperti:




  • Mengambil sinar-X menggunakan pewarna kontras yang disuntikkan melalui kateter untuk mencari menyempit atau sumbatan arteri koroner. Ini disebut angiografi koroner atau arteriografi koroner.

  • Melakukan percutaneous coronary intervention (PCI) seperti angioplasti koroner dengan stent (ring) untuk membuka penyempitan atau sumbatan bagian arteri koroner.

  • Memeriksa tekanan pada empat bilik jantung.

  • Mengambil sampel darah untuk mengukur kadar oksigen pada empat bilik jantung.

  • Mengevaluasi kemampuan ruang pompa untuk berfungsi.

  • Mencari cacat pada katup atau ruang jantung.

  • Mengambil potongan kecil jaringan jantung untuk diperiksa di bawah mikroskop (biopsi).


Apa resiko dari kateterisasi jantung?


Kateterisasi jantung biasanya sangat aman, hanya sebagian kecil orang yang memiliki masalah selama proses ini. Beberapa kasus kateterisasi jantung menimbulkan memar pada bagian tubuh tempat kateter dimasukkan (tempat tusukan). Cairan pewarna kontras yang dimasukkan ke kateter jantung sehingga gambar arteri muncul di sinar-X menyebabkan beberapa orang merasakan sakit perut, atau menimbulkan gatal-gatal.



Berapa Biaya Kateterisasi Jantung Atau Kateter Jantung Terupdate?


Biaya yang dibutuhkan untuk melakukan kateterisasi jantung tergolong lumayan mahal berkisar antara 7 juta s/d 12 juta rupiah, tergantung kelas rumah sakit tempat akan melakukan kateter jantung. Jika hasil kateterisasi jantung mengharuskan untuk pasang ring ataupun harus operasi bypass jantung (umumnya jika penyumbatan sudah 80% keatas), maka biaya yang dibutuhkan akan bertambah banyak. Biaya untuk operasi pasang ring jantung membutuhkan kisaran 90 juta s/d 120 juta rupiah, untuk operasi jantung bypass membutuhkan biaya berkisar 185 juta s/d 250 juta.


Perihal persiapan kateterisasi jantung persiapan kateterisasi jantung :




  • Anda akan diberi petunjuk tentang apa yang harus dimakan dan minum selama 24 jam sebelum tes.

  • Biasanya, Anda diminta untuk tidak makan atau minum apa pun selama enam sampai delapan jam sebelum proses kateterasi jantung.

  • Jelaskan pada dokter semua obat-obatan yang Anda konsumsi, termasuk obat OTC (Over The Counter), herbal dan vitamin. Dokter mungkin meminta untuk menghentikan konsumsi iru semua sampai proses kateterisasi selesai. Jangan berhenti minum obat sampai dokter memberitahu hal itu.

  • Beritahu dokter atau perawat jika Anda alergi terhadap sesuatu, terutama yodium, kerang, lateks atau karet produk, obat-obatan seperti penisilin, atau pewarna sinar-X.

  • Siapkan seseorang mengantar Anda pulang setelah proses kateterisasi selesai.

  • Jika Anda biasanya memakai alat bantu dengar, pakailah selama prosedur Anda. Jika Anda mengenakan kacamata, bawa saja dengan memberitahukan dokter terlebih dahulu.


Apa yang terjadi selama kateterisasi jantung?


Dokter dengan pelatihan khusus melakukan proses kateter dengan tim medis dan teknisi. Proses ini dilakukan di laboratorium kateterisasi (kateter) rumah sakit jantung.




  • Sebelum proses kateter, perawat akan menempatkan intravena (IV) baris ke pembuluh darah di lengan sehingga Anda akan diberi obat penenang, namun Anda akan tetap terjaga dan bisa mengikuti petunjuk tim medis selama proses kateter.

  • Perawat akan membersihkan dan mencukur daerah di mana dokter akan bekerja. Biasanya di daerah selangkangan.

  • Anestesi lokal biasanya diberikan untuk mematikan rasa area tusukan jarum.

  • Dokter akan menusukkan jarum melalui kulit ke dalam pembuluh darah besar. Sebuah pipa kecil berukuran jerami (disebut selubung) akan dimasukkan ke dalam pembuluh. Secara perlahan dokter akan menempatkan kateter (selang tipis panjang) ke pembuluh darah melalui selubung tersebut. Sebuah layar monitor akan menunjukkan posisi kateter seperti yang berulir melalui pembuluh darah utama dan ke jantung. Anda mungkin akan merasakan beberapa tekanan di pangkal paha, tetapi Anda tidak akan merasa sakit.

  • Berbagai instrumen akan ditempatkan di ujung kateter. Termasuk instrumen untuk mengukur tekanan darah di setiap ruang jantung dan pembuluh darah yang terhubung ke jantung, memeriksa interior pembuluh darah, mengambil sampel darah dari berbagai bagian jantung, atau memotong sampel jaringan (biopsi) dari dalam jantung.

  • Ketika proses kateter berlangsung, akan disuntikkan cairan pewarna yang dapat terlihat pada sinar-X, proses ini disebut angiografi.

  • Ketika kateter digunakan untuk membersihkan arteri yang menyempit atau tersumbat, proses ini disebut angioplasty atau intervensi koroner perkutan (IKP).

  • Ketika kateter digunakan untuk melebarkan penyempitan mulut katup jantung, proses ini disebut valvuloplasty.

  • Ketika dokter akan melepas kateter dan sarungnya. Perawat akan menekan area kateter untuk mencegah perdarahan. Terkadang dibutuhkan perangkat penutupan khusus. Proses berlangsung sekitar satu jam.


Apa yang terjadi setelah kateterisasi jantung?


Anda akan dibawa ke ruang pemulihan selama beberapa jam. Selama waktu proses pemulihan, Anda diharuskan untuk tetap berbaring.




  • Menekan area tusukan untuk menghentikan pendarahan.

  • Menjaga kaki agar tetap lurus dan tidak boleh turun dari tempat tidur.

  • Detak jantung dan tanda-tanda vital lainnya (nadi dan tekanan darah) akan diperiksa selama pemulihan.

  • Melaporkan setiap pembengkakan, nyeri atau perdarahan di lokasi tusukan, atau jika merasakan nyeri dada.

  • Sebelum meninggalkan rumah sakit, akan diberi petunjuk tertulis tentang apa yang harus dilakukan di rumah.


Apa yang terjadi setelah saya pulang?


Pastikan untuk hati-hati mengikuti semua petunjuk. Hal ini penting seperti ketika mengkonsumsi obat sesuai dengan arahan tim medis. Umumnya orang dapat kembali ke kegiatan normal sehari-hari setelah proses kateter tergantung pada setiap intervensi tambahan yang dilakukan selama kateterisasi jantung.


Memar kecil di lokasi tusukan merupakan hal normal. Jika lokasi tusukan mulai berdarah, berbaringlah dan berikan tekanan pada bagian atasnya selama beberapa menit. Kemudian, periksa kembali untuk memastikan apakah perdarahan telah berhenti.


Kabar gembira bagi anda yang memiliki penyakit jantung karena kini telah hadir obat herbal alami terobosan terbaru yang ampuh mengobati mengatasi dan menyembuhkan berbagai penyakit jantung. Untuk informasi lebih lengkapnya mengenai obat herbal ini bisa anda lihat di obat jantung bocor.


Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa menjadi solusi untuk cara alami mengobati masalah kesehatan anda, salam sehat dari kami TOKO ZAHRA HERBAL penjual terpercaya dan terbaik untuk saat ini.


Jika anda ingin menghubungi kami silahkan melalui kontak dibawah ini :


Info Contact Admin Zahra Herbal :

M3    : 085 793 507 222
M3     : 085 793 720 455
TSEL : 085 223 557 127
PIN BB: 27D0310B / D9D1785E
Line : zahraherbal
WhatsApp : 085793507222
IG : toko_zahraherbal


Baca Artikel Tentang Jantung Lainnya :


Penyakit Jantung ASD Dan Obat Herbalnya


7 Gejala Penyakit Jantung Lemah Pada Wanita

0 Response to "Biaya Kateterisasi Jantung Update"

Post a Comment