Kapan Bisa Mulai Mendengar Detak Jantung Bayi Dalam Kandungan?

Kapan Bisa Mulai Mendengar Detak Jantung Bayi Dalam Kandungan?


Pada awal kehamilan, rasa ingin tahu untuk mengetahui kapan Anda mendengar detak jantung bayi kemungkinan akan mendominasi setiap masalah yang Anda miliki saat ini. Dalam beberapa dekade terakhir, perangkat medis seperti stetoskop adalah satu-satunya alat yang tersedia, dan hanya dokter adalah Anda yang dapat mendengar detak jantung bayi Anda.


Kapan Bisa Mulai Mendengar Detak Jantung Bayi Dalam Kandungan


Hari ini, teknologi modern memungkinkan dokter untuk mendeteksi detak jantung bayi awal, dan ibu juga dapat berpartisipasi mendengar detak jantung pertama.



Dimana jantung bayi mulai berkembang di rahim?


perkembangan janin biasanya mengikuti jalur diprediksi. Pembuahan berlangsung biasanya sekitar dua minggu setelah periode menstruasi terakhir dimulai. Untuk menghitung tanggal tempu (tanggal kadaluarsa) kelahiran bayi, dokter akan menghitung 40 minggu ke depan dari hari pertama haid terakhir Anda. Artinya, periode menstruasi terakhir Anda dihitung sebagai bagian dari proses kehamilan - bahkan jika Anda tidak positif pada waktu itu hamil.


Pada awal minggu kelima kehamilan, atau minggu ketiga setelah pembuahan, jantung bayi dimulai, bersama-sama dengan otak, sumsum tulang belakang dan organ lainnya. detak jantung bayi pertama akan muncul di 22-23 hari setelah pembuahan, yaitu di tengah-tengah dari lima minggu ini. Saat ini, jantung bayi masih terlalu kecil untuk menghasilkan cukup gelombang suara degupannya mendengar dengan jelas, bahkan ketika diperkuat dengan penggunaan peralatan medis oleh dokter.


Baca Juga : 7 Aturan Diet Jantung untuk Penderita Penyakit Jantung



Jadi, jika saya bisa mendengar detak jantung bayi saya?


jantung bayi mulai berdetak sekitar minggu keenam kehamilan, yang enam minggu setelah hari pertama siklus menstruasi terakhir Anda. Pada periode ini, darah akan mengalir ke embrio, dan ada peningkatan denyut jantung bayi untuk 100-160 per menit.


Anda mungkin bisa mengetuk mendengar bayi Anda dalam pertama sekitar 6,5-8 minggu kehamilan jika Anda menjalani pemeriksaan USG awal. Jangan khawatir jika detak jantung tidak terdengar di periode ini, karena proses selama 12 minggu dapat bertahan untuk semua jenis suara dalam rahim dapat mendengar Anda dengan jelas.


USG rahim, atau sonogram, adalah metode yang paling akurat dan sering digunakan untuk memeriksa dokter / bidan untuk detak jantung bayi Anda. Selain pemantauan denyut jantung, dokter kandungan juga dapat menggunakan USG untuk memastikan kehamilan pada enam minggu; menentukan ukuran dan usia janin; untuk menyingkirkan masalah dengan kehamilan Anda; atau melihat peluang untuk hamil kembar.


Jika Anda tidak bisa / tidak menjalani USG saat ini, Anda mungkin dapat mendengar detak jantung pertama bayi melalui Fetal Doppler mengunjungi kehamilan secara rutin Anda. dokter atau bidan untuk dapat mendeteksi detak jantung bayi dengan bantuan Doppler sedini 10 minggu kehamilan, tetapi lebih sering terdengar di minggu ke-12.


Fetal Doppler ultrasound adalah versi mini yang dapat diambil untuk menemukan detak jantung bayi Anda. dokter atau bidan akan coat perut Anda dengan Doppler ultrasound gel dan aduk bar di seluruh wilayah perut Anda, sampai tempat di mana detak jantung dapat terdeteksi ditemukan. Doppler mengirim dan menerima gelombang suara yang memantul dari jantung bayi anda.


Dengan cara ini, doppler janin membuat bayi Anda detak jantung "menggema" cukup keras bagi Anda untuk datang ke mendengarnya. Kapan tepatnya bisa mendengar detak jantung anak pertama akan sangat tergantung pada ukuran tubuh Anda hamil, posisi rahim, lokasi bayi, dan keakuratan kehamilan Anda.


Banyak wanita mengatakan bahwa detak jantung bayi mereka untuk pertama kalinya terdengar seperti kawanan kuda berderap orang banyak. denyut jantung bayi berkisar 120-160 denyut per menit - jika detak jantung sebenarnya dari bayi Anda berada di luar kisaran tersebut, dapat bayi Anda memiliki masalah jantung.


Baca Juga : 8 Faktor yang Membuat Bayi Lahir Dengan Cacat Jantung



detak jantung bayi terdengar, tanda apa?


Pada sekitar 12 minggu kehamilan, Anda akan biasanya janji prenatal sehingga dokter atau bidan dapat mencoba untuk mendeteksi detak jantung bayi. Namun, di suatu tempat selama kontrol ini Anda tidak dapat mendengar detak jantung bayi Anda di dalam rahim. Ada banyak alasan mengapa Anda tidak dapat mendengar bayi Anda hari ini, termasuk:




  1. Tanggal jatuh tempo lahir Anda meraba-raba


Jika Anda tidak yakin kapan periode terakhir Anda atau jika tanggal jatuh tempo Anda dihitung menggunakan bahasa selain metode ultrasound, anak lahir tanggal jatuh tempo dapat menyelinap kembali dari Anda mungkin berpikir. Artinya, Anda tidak benar-benar 12 minggu hamil. Hal ini membuat detak jantung bayi Anda sulit untuk mendengar. Terjawab tanggal kadaluarsa adalah salah satu alasan paling umum, terutama jika ini adalah kunjungan prenatal pertama Anda.




  1. Posisi rahim


Jika Anda memiliki rahim miring, Anda akan sedikit sulit untuk mendengar detak jantung bayi Anda untuk memiliki di awal. Hal ini karena Doppler bergerak sebagai ditunjukkan, sehingga ketika dokter atau bidan memindahkan alat di sekitar posisi rahim, secara umum, uterus memiliki posisi yang sedikit berbeda. Ini bukan masalah, tapi perbedaan.




  1. Tempatkan bayi


Pada tahap ini kehamilan, bayi sangat kecil. Doppler harus menemukan lokasi anak dengan cara yang tepat untuk menaklukkan hatinya. Beberapa hanya perlu sedikit lebih sabar dan beruntung untuk menemukan bayi dan "ditangkap" oleh Doppler.




  1. Ukuran tubuh wanita hamil


Jika Anda kelebihan berat badan, misalnya, kadang-kadang lapisan isolasi antara bayi dan Doppler cukup tebal sehingga akan sedikit sulit untuk mendengar detak jantungnya yang jelas. Biasanya dapat diatasi dengan menggunakan USG transvaginal jika Anda atau dokter Anda khawatir tentang bayi Anda.




  1. Keguguran


Kadang-kadang alasan Anda tidak pernah bisa mendengar detak jantungnya adalah karena Anda sedang dalam proses keguguran, bahkan jika Anda tidak memiliki tanda-tanda keguguran. Hal ini dapat keguguran tersembunyi, di mana Anda tidak memiliki tanda-tanda keguguran, atau bahkan kehamilan kosong, di mana bayi itu tidak pernah benar-benar mulai terbentuk, bahkan jika Anda memiliki gejala kehamilan.


Jika Anda menjalani janji prenatal dan tidak bisa mendengar detak jantung bayi, Anda mungkin akan mengatakan dalam dua minggu mendatang kemudian untuk mencoba lagi, atau menunggu sampai pertemuan berikutnya, tergantung pada seberapa jauh kehamilan Anda. Anda juga dapat dijadwalkan untuk USG untuk memeriksa bayi di minggu depan, tergantung pada alasan untuk dokter atau bidan bayi Anda tidak bisa mendengar.


Jika hal ini terjadi, cobalah untuk tidak panik. Ini adalah sesuatu yang sangat sering dan memiliki beberapa penjelasan yang sangat masuk akal. Stres tidak dapat mendengar detak jantung bayi Anda hanya akan membuat Anda merasa buruk dan tidak akan mengubah hasil. Beritahu semua kekhawatiran Anda dengan dokter / bidan untuk mendapatkan bimbingan dari mereka untuk keputusan cepat.


Baca Juga : Terlalu Lama Tidur Siang Memicu Penyakit Jantung

2 Responses to "Kapan Bisa Mulai Mendengar Detak Jantung Bayi Dalam Kandungan?"

  1. Boxers western wear and have a group of very much experienced individuals attempting to give a tasteful edge to the items they have faith in giving the right answer for the present style needs and they comprehend the necessities they host fancy dresses ideal for the gathering, easygoing trip or a normal office day.

    ReplyDelete