8 Faktor yang Membuat Bayi Lahir Dengan Cacat Jantung

8 Faktor yang Membuat Bayi Lahir Dengan Cacat Jantung


Selamat datang dan selamat berjumpa kembali dengan kami yang selalu memberikan Informasi Kesehatan dalam kehidupan kita semua, dalam kesempatan kali ini kami akan membahas tentang 8 Faktor yang Membuat Bayi Lahir Dengan Cacat Jantung, silahkan baca artikelnya dibawah ini dan lakukan secara benar.


8 Faktor yang Membuat Bayi Lahir Dengan Cacat Jantung


Jantung adalah organ vital yang berfungsi untuk melepaskan darah melalui seluruh tubuh. Sangat banyak faktor berpengaruh pada kesehatan dan fungsi jantung, mulai dari gaya hidup, faktor genetik seseorang. Namun, anak sering mencegah cacat jantung sebagai bayi masih dalam kandungan, sehingga ia dilahirkan dengan kondisi cacat jantung bawaan.



Apa penyakit jantung bawaan?


cacat jantung bawaan atau cacat jantung bawaan adalah kondisi jantung struktural tidak sempurna. Ini akan, tentu saja, kinerja jantung untuk mempertahankan pengaruh aliran darah. Namun, tidak semua orang memiliki gejala disfungsi jantung karena ia lahir dengan cacat jantung bawaan.


penyakit jantung pada anak-anak yang ditandai dengan warna kebiruan pada kuku, kulit dan bibir. Sementara masalah kesehatan yang dapat disebabkan oleh cacat bawaan jantung, retardasi pertumbuhan dan gizi, serta beberapa gejala yang sering seperti sesak napas, pusing dan kelelahan. Masalah kesehatan, secara umum, akan menghambat aktivitas penyakit jantung bawaan, dan dapat di usia yang berbeda dan bahkan bertahan sampai dewasa.


Baca Juga : Terlalu Lama Tidur Siang Memicu Penyakit Jantung



Apa yang terjadi pada bayi dengan cacat jantung bawaan?


Pada dasarnya cacat jantung pada bayi adalah gangguan bawaan disebabkan struktur jantung olehketidaksempurnaan seperti lubang dan katup tidak dapat menutup dengan benar. Beberapa jenis kelainan struktural jantung dapat dibedakan sebagai berikut:




  • Penyimpangan dari katup jantung - menyebabkan gangguan suplai darah; Jika katup terlalu sempit dan darah tidak bisa lancar, dan ketika katup tidak menutup dengan benar maka kebocoran aliran darah dan aliran darah kembali.

  • Penyimpangan dari dinding jantung - untuk membagi kebocoran dinding dari jantung ke kiri dan ke kanan sehingga darah yang masuk dicampur dengan darah yang berasal dari hati.

  • Kelainan otot jantung - yang jantung memompa darah sebagaimana mestinya, yang berisiko menyebabkan gagal jantung.

  • pembuluh darah abnormal - yang aliran normal darah dari jantung ke organ vital lainnya, atau sebaliknya. Hal ini juga dapat menyebabkan gagal jantung.


Faktor pada wanita hamil meningkatkan risiko cacat lahir pada bayi


Tidak diketahui persis mengapa bayi bisa lahir dengan cacat jantung yang tidak sempurna. Namun, beberapa kondisi yang lahir ibu selama kehamilan meningkatkan risiko bayi dengan cacat jantung, termasuk meningkatkan berikut:




  1. Faktor genetik


kelainan jantung pada bayi lebih sering terjadi pada keluarga dengan riwayat kelainan jantung adalah sama. Baik suami dan istri faktor genetik dapat meningkatkan risiko perkembangan bayi jantung yang tidak normal pada bayi. Namun demikian, interaksi faktor-faktor lain juga dapat mempengaruhi kehamilan.




  1. Hubungan antara darah ibu dan ayah (kosanguinitas)


hubungan pernikahan terlalu dekat dapat meningkatkan risiko beberapa cacat lahir, termasuk cacat jantung bawaan. Dalam sebuah penelitian di Pakistan, bayi yang lahir dari pasangan memiliki signifikan konsanguinitas 2,59 kali risiko mengalami cacat pada jantung.




  1. Sejarah sindrom metabolik pada wanita hamil


gangguan glukosa tidak terkontrol atau diabetes dan obesitas saat ini untuk dan memotong melalui kehamilan, dapat mengganggu perkembangan janin, sehingga dapat meningkatkan risiko memiliki bayi dengan cacat jantung bawaan.




  1. Infeksi campak Jerman (rubella)


Infeksi rubella dapat menghambat perkembangan jantung janin. Rubella sebelum mereka hamil adalah cara yang paling tepat untuk mencegah hal ini.




  1. Minum obat tertentu selama kehamilan


Beberapa obat selama kehamilan, risiko perkembangan janin tidak sempurna, seperti obat-obatan untuk meredakan kejang, ibuprofen, obat jerawat isotretinoin, obat retinoid topikal, dan obat-obatan anti-depresi yang mengandung lithium. Selain itu, beberapa jenis antibiotik dan obat antivirus yang dikonsumsi selama kehamilan pada trimester pertama meningkatkan risiko bayi dengan cacat jantung bawaan.




  1. Kondisi Fenilketonuria (PKU)


Wanita hamil dengan riwayat keadaan tidak terkendali PKU, anak menderita kelainan jantung bawaan. Tapi ini dapat diperbaiki dengan diet yang sesuai dengan membatasi asupan protein.




  1. Penggunaan rokok dan obat-obatan


Beberapa studi melaporkan pada halaman American Heart Association menunjukkan jenis penggunaan narkoba kokain dan ganja oleh wanita hamil dapat meningkatkan risiko dua kali lipat untuk mengaktifkan cacat jantung pada bayi. Hal yang sama juga ditemukan pada wanita hamil yang memiliki kebiasaan merokok.




  1. Paparan bahan kimia


Hal ini dapat dilakukan dengan mudah melalui saluran pernapasan dan kulit. Ada berbagai jenis bahan kimia yang dapat mengganggu perkembangan janin dalam rahim, termasuk:




  • pelarut organik - seperti cat, pewarna, dan pengencer cair;

  • bahan kimia pertanian - seperti pestisida, herbisida dan rodentisida

  • polusi udara - karbon monoksida paparan asap untuk zat yang terjadi terus-menerus selama 3-8 minggu kehamilan

  • Pencemaran Air - seperti trichloroethylene (TCE), jenis pelarut yang sering digunakan dalam industri tekstil,


Baca Juga : Sering Menguap Bisa Jadi Tanda Gangguan Jantung

kelainan genetik pada bayi juga bisa menyebabkan penyakit jantung


Selain status orang tua dari bayi, cacat jantung bawaan juga dapat terjadi jika bayi kondisi tertentu, termasuk:




  1. cacat genetik tunggal (mutasi)


Hal ini dapat berdampak pada kesehatan anggota pembentukan dan inidividu a. Beberapa kelainan genetik tunggal dapat meningkatkan risiko cacat jantung bawaan, di antaranya:




  • sindrom Marfan

  • Sindrom Smith-Lemli-Opitz

  • Sindrom Ellis-van Creveld

  • sindrom Holt-Oram

  • sindrom Noonan

  • mucopolysaccharidoses

  • sindrom Alagille



  1. kelainan kromosom


Kromosom adalah struktur membawa materi genetik yang menentukan pembentukan organ. Sekitar 30% dari cacat jantung pada bayi dengan kelainan kromosom pada bayi. Berikut adalah beberapa jenis kelainan kromosom yang dapat mempengaruhi perkembangan jantung bayi:




  • Sindrom Down (trisomi 21)

  • Trisomi 18 dan trisomi 13

  • sindrom Williams

  • Sindrom Turner

  • Cri-du-chatting sindrom

  • sindrom Wolf-Hirshhorn

  • sindrom DiGeorge (22q11)


Itulah mungkin penjelasan tentang 8 Faktor yang Membuat Bayi Lahir Dengan Cacat Jantung yang bisa kami sampaikan dalam kesempatan kali ini, semoga artikel ini bermanfaat, jangan lupa baca artikel lainnya :


Artikel Lain : Asupan Makanan Yang Di Anjurkan Untuk Penderita Leukimia


Posted by : Obat Jantung Bocor

0 Response to "8 Faktor yang Membuat Bayi Lahir Dengan Cacat Jantung"

Post a Comment